(HEBOH) Gempa Hebat 6,4 SR Guncang di Taiwan selatan

IONBONDS - Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang sisi selatan Taiwan, tepatnya di dekat kota Tainan. Akibat gempa kuat ini, satu apartemen roboh. 
Gempa hebat ini dengan kekuatan 6,4 skala richter (SR) mengguncang Taiwan pagi ini (6/2/2016). Gempa menyebabkan gedung apartemen 16 lantai ambruk dan sekitar 150 orang terjebak di dalamnya.


Gempa 6,4 SR Guncang Taiwan, Apartemen Roboh dan Penghuni Terjebak


Dilansir Reuters, Sabtu (6/2/2016), sejumlah bangunan juga mengalami kerusakan. Belum ada laporan soal korban jiwa atau luka serius.

Setidaknya ada 5 gempa susulan dengan kekuatan 3,8 SR atau lebih setelahnya. Gempa susulan terjadi dalam selang waktu 30 menit. 

Gempa Hebat di Taiwan Ambrukkan Gedung 16 Lantai 150 Orang Terjebak

Media setempat, Formosa TV menampilkan tayangan ketika polisi, pemadam kebakaran, dan petugas lainnya berada di lokasi. Tangisan penghuni yang terjebak di apartemen itu terdengar dari luar.

Pemadam kebakaran mengosongkan apartemen dan petugas lainnya menggunakan tangga serta crane. Gedung itu roboh hingga ke lantai pertama. 

Baju anak-anak tampak beterbangan keluar gedung. Kebanyakan penghuni sedang tidur saat gempa. 

Laporan awal media lokal menyebut dua orang tewas, namun pejabat Taiwan menegaskan belum ada temuan korban jiwa.

Lokasi musibah gempa itu terjadi di Tainan, wilayah Taiwan selatan. Stasiun televisi Formosa menayangkan kondisi gedung besar yang ambruk secara dramatis. Orang-orang di dalam menangis memohon pertolongan.

Para pejabat setempat mengatakan bahwa, 69 orang telah diselamatkanNamun, mereka tidak bisa mengkonfirmasi berapa banyak orang yang terjebak di dalamgedung apartemen itu. Salah satu pejabat Taiwan mengatakan ada lebih dari satu gedung yang ambruk.

Empat bangunan roboh di daerah Tainan. Pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung dan tidak ada korban jiwa dilaporkan saat ini,” Lin Kuan-cheng, juru bicara Badan Pemadam Kebakaran Nasional, kepada AFP.

Menurut Pemantau Geologi AS (USGS) pusat gempa dangkal di Taiwan berada pada kedalaman 10 km di sebuah wilayah yang berjarak 39 km sebelah timur laut Kaohsiung. Gempa, awalnya dilaporkan berkekuatan 6,7 SR, namun direvisi menjadi 6,4 SR.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik berharap gempa di Taiwan tidak menimbulkan tsunami. Taiwan tercatat terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan secara teratur terkena gempa. 

Pada Juni 2013 lalu, Taiwan pernah diguncang gempa 6,3 SR yang menewaskan empat orang dan menyebabkan tanah longsor secara meluas. Kemudian pada September 1999, Taiwan juga pernah diguncang gempa 7,6 SR yang menewaskansekitar 2.400 orang.

Tags : Video Gempa Taiwan, Gempa di taiwan, 

0 Response to "(HEBOH) Gempa Hebat 6,4 SR Guncang di Taiwan selatan"

Posting Komentar

Berkomentar lah dengan Sopan
nyambung dengan Postingan
Dan Tidak boleh komentar dengan Live link
Gunakan Name/Url untuk commentar dengan Tautan Anda